Kamis, 7 Maret 2024

INDEKS PELAYANAN DISNAV BELAWAN PERIODE FEBRUARI 2024 MENCAPAI 94,38


Share :
80 view(s)

BELAWAN (7/3),Penyelenggaraan layanan publik oleh Pemerintah kepada masyarakat merupakan implikasi fungsi pelayanan umum (public service) Pemerintah. Untuk mengukur kualitas layanan yang diberikan, pemerintah menggunakan cara yakni Survey kepuasan Masyarakat.

Dalam konteks pelayanan publik, pengukuran kepuasan masyarakat telah dimandatkan kepada penyelenggara pelayanan publik melalui Undang-Undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik bahwa penyelenggara wajib mengikutsertakan masyarakat sebagai upaya membangun sistem yang adil, transparan dan akuntabel. Survei kepuasan diatur secara teknis pelaksanaan survei tersebut ke dalam Peraturan Menteri PAN-RB No. 16/2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik. Permenpan-RB No. 16/2014 kemudian disempurnakan melalui Permenpan-RB No. 14/2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit kerja Penyelenggara Pelayanan Publik.

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

Mengingat fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Ukuran keberhasilan penyelenggaraan pelayanan ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan. Kepuasan penerima pelayanan dicapai apabila penerima pelayanan memperoleh pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan.

Pada Februari 2024, Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Belawan mencapai nilai 94,38 dengan Mutu Pelayanan A (Sangat Baik).

Terhadap hasil survei tersebut, seluruh pejabat beserta staf Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Belawan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder  Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Belawan. Kami berkomitmen untuk mempertahankan kinerja yang telah dicapai dan terus berinovasi demi menciptakan pelayanan yang memuaskan bagi seluruh stakeholder.

  • berita
  • siaran pers
  • humas laut




Footer Hubla Branding