Pada hari Kamis, tanggal 28 November 2024, pukul 09.00 WIB, kegiatan perbaikan hidrolik pada palka 3 dilakukan di atas KM JML ABADI dan selesai pada pukul 12.00 WIB. Setelah itu, pukul 12.48 WIB dilaksanakan operasi "OHN" sebagai persiapan kapal untuk berlabuh, diikuti dengan "SBE" pada pukul 13.00 WIB.
Namun, sekitar pukul 13.00 WIB, terdengar ledakan dari Main Deck bagian kanan. Setelah ditelusuri, diketahui bahwa Mandor bernama Ahmad Jamhari sedang melakukan pengelasan pada elbow pipa peranginan tanpa melakukan koordinasi sebelumnya.
Di posisi 02°9.08'.66"S / 105°02.66"E, terdengar teriakan dari kru di Main Deck sebelah kanan bahwa terdapat seseorang yang jatuh ke laut (Man Overboard/MOB). Sebagai respons cepat, pelampung dan jaket pelampung segera dilemparkan ke laut untuk membantu korban.
Pihak kapal segera menyampaikan informasi tersebut kepada VTS, Kepanduan, dan kapal-kapal terdekat untuk memberikan bantuan dalam proses penyelamatan. Kapal melakukan manuver "cikar kanan" untuk mencari korban, dibantu oleh perahu nelayan yang berada di sekitar lokasi.
Pada pukul 13.20 WIB, korban berhasil dievakuasi oleh perahu nelayan dan segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis. Informasi mengenai keberhasilan penyelamatan korban juga langsung disampaikan kepada VTS, Kepanduan, dan BASARNAS.
Setelah memastikan situasi terkendali, pukul 14.22 WIB, kapal mulai dalam posisi siaga untuk menurunkan jangkar ("STBY jangkar"). Pada pukul 14.25 WIB, jangkar kiri dilepaskan, diikuti dengan perintah "FWE" pada pukul 14.30 WIB.
TIM MARITIME COORDINATION CENTER
Call Center: +6285216221177 | Email: [email protected]
ENGLISH VERSION
On Thursday, 28 November 2024, at 09:00 am, hydraulic repair activities on hatch 3 were carried out on board KM JML ABADI and completed at 12:00 pm. After that, at 12.48 WIB an ‘OHN’ operation was carried out in preparation for the ship to dock, followed by an ‘SBE’ at 13.00 WIB.
However, at around 13.00 WIB, there was an explosion from the starboard Main Deck. After being traced, it was found that the foreman named Ahmad Jamhari was welding the elbow of the warinan pipe without prior coordination.
At position 02°9.08'.66 “S / 105°02.66 ”E, there was a shout from the crew on the starboard Main Deck that someone had fallen overboard (Man Overboard/MOB). As a quick response, buoys and life jackets were immediately thrown overboard to assist the victim.
The vessel immediately relayed the information to VTS, Scouting, and nearby vessels to provide assistance in the rescue process. The ship performed a ‘right-hand manoeuvre’ to search for the victim, assisted by fishing boats around the location.
At 13.20 WIB, the victim was successfully evacuated by a fishing boat and immediately taken to the nearest hospital for medical treatment. Information regarding the successful rescue of the victim was also immediately conveyed to VTS, Scouting, and BASARNAS.
After ensuring the situation was under control, at 2.22 p.m., the vessel was put on standby to lower the anchor (‘STBY anchor’). At 2.25pm, the left anchor was released, followed by the command ‘FWE’ at 2.30pm.
TIM MARITIME COORDINATION CENTER
Call Center: +6285216221177 | Email: [email protected]