Jakarta, 15 November 2024 – Insiden kecelakaan kerja terjadi di tongkang ASP Prosperity pada Jumat pagi (15/11) pukul 09.15 WIB, yang mengakibatkan seorang crew (kelasi tongkang) meninggal dunia. Berikut kronologi kejadian yang telah dilaporkan:
- Pukul 09.15: Chip Arnold, seorang perwira dek kapal, menemukan korban dalam posisi tengkurap di atas tongkang dengan wajah membiru dan tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Korban diduga bekerja sendirian di tongkang tanpa pengawasan.
- Pukul 09.24: TB. ASP Glory melaporkan insiden ini ke VTS Tanjung Priok, menyampaikan kondisi crew yang tidak sadarkan diri dengan dugaan awal tersengat listrik.
- Pukul 09.30: VTS Tanjung Priok menghubungi petugas jaga KSOP Marunda dan menyampaikan informasi terkait kejadian tersebut. KSOP Marunda menyatakan akan berkoordinasi dengan agen kapal.
- Pukul 09.38: TB. ASP Glory melaporkan kepada VTS bahwa kapal patroli Airud telah tiba di lokasi. Petugas Airud memastikan bahwa korban 90% telah meninggal dunia berdasarkan pemeriksaan awal.
- Pukul 09.45: VTS Tanjung Priok menginformasikan insiden ini kepada KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai) untuk tindak lanjut penanganan.
- Pukul 09.50: VTS Tanjung Priok menghubungi agen TB. ASP Glory untuk memberikan informasi terkini. Agen dikabarkan sedang menuju ke kapal untuk melakukan penanganan lebih lanjut.
Sebelumnya, Chip Arnold juga telah menghubungi polisi Cilincing, Pak Herman, untuk melaporkan insiden ini. Pak Herman kemudian meneruskan laporan ke Polda guna memastikan investigasi lebih mendalam terkait penyebab kejadian.
Pihak kepolisian dan otoritas terkait saat ini sedang melakukan investigasi di lokasi untuk memastikan penyebab pasti kecelakaan kerja yang merenggut nyawa crew tersebut. Proses evakuasi dan penanganan lebih lanjut dilakukan sesuai dengan prosedur keselamatan yang berlaku.
TIM MARITIME COORDINATION CENTER
Call Center: +6285216221177 | Email: msi@kemenhub.go.id
ENGLISH VERSION
Jakarta, November 15, 2024 – A workplace accident occurred on the ASP Prosperity barge on Friday morning (15/11) at 9:15 AM, resulting in the death of a crew member (barge deckhand). The following is the chronology of the incident as reported:
- 09:15 AM: Chip Arnold, a deck officer, found the victim lying face down on the barge, unresponsive, with a bluish face. The victim was believed to have been working alone on the barge without supervision.
- 09:24 AM: TB. ASP Glory reported the incident to VTS Tanjung Priok, describing the crew member as unconscious with initial indications suggesting electrocution.
- 09:30 AM: VTS Tanjung Priok contacted KSOP Marunda’s duty officer and relayed the details of the incident. KSOP Marunda stated that coordination with the vessel’s agent would follow.
- 09:38 AM: TB. ASP Glory updated VTS, informing them that a patrol boat from Airud had arrived at the location. Airud officers confirmed that the victim was 90% likely deceased based on an initial assessment.
- 09:45 AM: VTS Tanjung Priok informed KPLP (Sea and Coast Guard Unit) about the incident for further action.
- 09:50 AM: VTS Tanjung Priok contacted the agent of TB. ASP Glory to provide the latest updates. The agent was reported to be en route to the vessel for further handling.
Previously, Chip Arnold had contacted Cilincing Police Officer Pak Herman to report the incident. Pak Herman then forwarded the report to the Regional Police (Polda) to initiate a deeper investigation into the cause of the accident.
Police and related authorities are currently conducting an investigation at the site to determine the exact cause of the workplace accident that claimed the crew member’s life. The evacuation process and further handling are being carried out in accordance with standard safety procedures.
MARITIME COORDINATION CENTER TEAM
Call Center: +6285216221177 | Email: msi@kemenhub.go.id