Minggu, 25 Agustus 2024

INSIDEN KANDASNYA KAPAL MT. SAMUDRA SINDO 38 DI PERAIRAN BANGGAI // GROUNDING INCIDENT OF MT. SAMUDRA SINDO 38 IN BANGGAI WATERS


Share :
457 view(s)

Banggai, 25 Agustus 2024 – Kapal tanker MT Samudra Sindo 38 mengalami kecelakaan laut yang menyebabkan kapal tersebut kandas di perairan Desa Bolo, Kecamatan Mantoh, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Insiden ini terjadi pada Minggu pagi, 25 Agustus 2024, pukul 09.30 WITA.

Jenis dan Lokasi Kecelakaan

Kecelakaan ini dikategorikan sebagai kapal kandas, dengan posisi kapal berada pada koordinat 01°03.018'S, 123°17.724'E, tepat di perairan Desa Bolo. Meskipun kandas pada bagian haluan, seluruh awak kapal yang berjumlah 14 orang dilaporkan selamat, dan tidak ada penumpang di atas kapal saat kejadian. Muatan kapal juga dilaporkan kosong, sehingga tidak ada risiko pencemaran langsung yang teridentifikasi, meskipun hal ini masih memerlukan pengamatan lebih lanjut.

Data Kapal yang Mengalami Kecelakaan

Kapal yang terlibat dalam insiden ini adalah MT Samudra Sindo 38, sebuah motor tanker berbendera Indonesia dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Nama Kapal: MT. SAMUDRA SINDO 38
  • Jenis Kapal: Motor Tanker
  • Tanda Panggilan: PNQK
  • Tonase Kapal (GT): 1002
  • Nakhoda: Juliantono
  • Pemilik/Operator: PT. Hayyu Tirta Sejahtera / PT. Agra Maristia Lines
  • Jumlah Awak Kapal: 14 orang
  • Jumlah Penumpang: Tidak ada
  • Jenis Muatan: Kosong
  • Pelabuhan Asal: Bitung, 22 Agustus 2024, Pukul 16.48 WITA
  • Pelabuhan Tujuan: Pelabuhan Tangkiang

Kronologi Kejadian

MT Samudra Sindo 38 berangkat dari Pelabuhan Bitung pada tanggal 22 Agustus 2024 pukul 16.48 WITA dengan tujuan Pelabuhan Tangkiang. Pada tanggal 25 Agustus 2024, sekitar pukul 03.30 WITA, kapal mengalami gangguan mesin (trouble engine), namun tidak dapat berlabuh karena kedalaman laut yang mencapai 1600-900 meter. Akibatnya, kapal terpaksa mengapung-apung di posisi 01°00.825'S, 123°00.300'E.

Kondisi memburuk pada pukul 09.30 WITA ketika cuaca buruk melanda, menyebabkan kapal hanyut sejauh 13 mil laut dari posisi sebelumnya. Kapal berhasil berlabuh pada koordinat 01°03.018'S, 123°17.724'E, namun angin kencang mendorong kapal hingga kandas. Upaya untuk mengeluarkan kapal dari area kandas telah dilakukan pada pukul 15.00 WITA, tetapi hingga saat ini belum berhasil.

Tindakan Penanganan

Instansi terkait, termasuk Stasiun Radio Pantai (SROP) Luwuk, telah melakukan koordinasi untuk menangani insiden ini. Namun, posko penanganan khusus belum didirikan, dan kegiatan pencarian serta penyelamatan (SAR) juga belum dilakukan. Penanganan kerusakan lingkungan dan tindakan lainnya masih dalam tahap perencanaan.

Pada tanggal 26 Agustus 2024 MT. Samudra Sindo 38 keluar dari lokasi kapal kandas dibantu oleh TB Guci 08 pada pukul 06.00 WITA dan sudah berlayar menuju Pelabuhan Luwuk untuk perbaikan mesin.
 

Dugaan Sementara Penyebab Kecelakaan

Berdasarkan investigasi awal, kecelakaan ini diduga disebabkan oleh faktor alam, terutama angin kencang yang mengakibatkan kapal hanyut dan kandas.

Laporan ini akan terus diperbarui seiring dengan perkembangan investigasi dan upaya penanganan lebih lanjut. Otoritas setempat diharapkan dapat segera mengambil tindakan untuk mengatasi dampak dari kecelakaan ini dan memastikan keselamatan serta keamanan perairan di sekitar lokasi insiden.

Tembusan :

1. Direktur Jenderal Perhubungan Laut

2. Pusat Komando dan Pengendali (Puskodal)

 

TIM MARITIME COORDINATION CENTER

Call Center: +6285216221177 | Email: [email protected]

 

ENGLISH VERSION

Banggai, August 25, 2024 – The tanker MT Samudra Sindo 38 was involved in a maritime accident that caused the vessel to run aground in the waters off Desa Bolo, Mantoh District, Banggai Regency, Central Sulawesi. The incident occurred on Sunday morning, August 25, 2024, at 09:30 WITA.

Type and Location of the Accident

This incident has been classified as a grounding accident, with the ship positioned at coordinates 01°03.018'S, 123°17.724'E, right in the waters off Desa Bolo. Although the bow of the ship was grounded, all 14 crew members were reported to be safe, and there were no passengers aboard at the time of the incident. The vessel was also reported to be empty of cargo, which indicates no immediate risk of pollution, although further observation is required.

Details of the Vessel Involved in the Accident

The vessel involved in this incident is the MT Samudra Sindo 38, an Indonesian-flagged motor tanker with the following specifications:

  • Vessel Name: MT. SAMUDRA SINDO 38
  • Vessel Type: Motor Tanker
  • Call Sign: PNQK
  • Gross Tonnage (GT): 1002
  • Captain: Juliantono
  • Owner/Operator: PT. Hayyu Tirta Sejahtera / PT. Agra Maristia Lines
  • Number of Crew: 14
  • Number of Passengers: None
  • Type of Cargo: Empty
  • Port of Origin: Bitung, August 22, 2024, at 16:48 WITA
  • Port of Destination: Tangkiang Port

Incident Chronology

The MT Samudra Sindo 38 departed from Bitung Port on August 22, 2024, at 16:48 WITA, bound for Tangkiang Port. On August 25, 2024, at approximately 03:30 WITA, the vessel experienced an engine problem (trouble engine), but was unable to anchor due to a sea depth of 1600-900 meters, leaving the ship adrift at position 01°00.825'S, 123°00.300'E.

The situation worsened at 09:30 WITA when bad weather struck, causing the ship to drift 13 nautical miles from its previous position. The vessel managed to anchor at coordinates 01°03.018'S, 123°17.724'E, but strong winds pushed the ship aground. Efforts to free the ship from the grounding area were made at 15:00 WITA but have so far been unsuccessful.

On August 26, 2024, the MT Samudra Sindo 38 was successfully refloated from the grounding site with the assistance of TB Guci 08 at 06:00 WITA and has since set sail towards Luwuk Port for engine repairs.

Response Actions

Relevant agencies, including the Luwuk Shore Radio Station (SROP), have coordinated efforts to address the incident. However, a dedicated response post has yet to be established, and search and rescue (SAR) operations have not been conducted. Environmental damage control and other response activities are still in the planning stages.

Preliminary Suspected Cause of the Accident

Initial investigations suggest that the accident was caused by natural factors, particularly strong winds that led to the ship drifting and running aground. There are no indications of technical or human factors contributing to the incident.

This report will be updated as the investigation progresses and further response actions are taken. Local authorities are urged to take prompt action to mitigate the impact of this accident and ensure the safety and security of the waters surrounding the incident site.

Cc:

  1. Director General of Sea Transportation
  2. Command and Control Center (Puskodal)

 

MARITIME COORDINATION CENTER TEAM

Call Center: +6285216221177 | Email: [email protected]

  • berita




Footer Hubla Branding