Selasa, 23 Juli 2024

TUBRUKAN YANG TERJADI ANTARA MV. VIET THUAN 56-05 DAN MV. CSSC YUAN JING DO DI PERAIRAN UTARA TSS SELAT SUNDA / THE COLLISION OCCURRED BETWEEN MV. VIET THUAN 56-05 AND MV. CSSC YUAN JING DO IN THE NORTHERN WATERS OF THE SUNDA STRAIT TSS


Share :
1059 view(s)

Jakarta, 23 Juli 2024 – Ditjen Hubla, Dit KPLP, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tg.Priok melalui PUSKODAL PLP Tg.Priok menerima laporan dari VTS Merak mengenai adanya insiden tubrukan kapal di Perairan Utara Bakauheni Selat Sunda, Banten pada koordinat 05°44.352'S - 105°53.340'E (Utara TSS Selat Sunda). insiden tubrukan terjadi pada 08.22 LT. MV. Viet Thuan 56 – 05 Berbendera Panama dan MV. CSSC Yuan Jing berbendera Hongkong Termonitor Tubrukan / Collision. Berdasarkan keterangan, MV. Viet Thuan 56-05 sedang dalam pelayaran dari Singapura menuju Pelabuhan Panjang, Lampung . saat bertabrakan dengan MV. CSSC Yuan Jing yang sedang berlayar dari China menuju Geraldton, Australia. Tabrakan terjadi di sekitar area TSS Selat Sunda, yang merupakan jalur pelayaran internasional. 

Tim KPLP tiba di lokasi langsung melakukan pertolongan, pengamanan, pemeriksaan terhadap kapal, ABK, dokumen kapal, kondisi keselamatan dan keamanan serta dampak pencemaran lingkungan laut dari kedua kapal yang bertubrukan tersebut. Petugas KPLP juga melakukan koordinasi dengan KSOP Bakauheni dalam pemeriksaan dan pengumpulan bukti-bukti awal di lokasi kejadian sebagai bentuk tahap awal dalam penegakan hukum.

Berdasarkan informasi awal, MV. Viet Thuan 56-05 mengalami kerusakan pada bagian lambung depan, sedangkan MV. CSSC Yuan Jing mengalami kerusakan pada bagian lambung belakang. Kedua kapal tersebut telah berlabuh di area lego jangkar di utara Bakauheni Selat Sunda untuk menunggu proses investigasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

Kronologi Kejadian :

  • Pukul 08.00 LT. VTS Operator memanggil kapal MV. Viet Thuan 56-05 dari sisi timur TSS untuk memberikan informasi lalu lintas dan persiapan traffic untuk kapal MV. CSSC Yuan Jing dari arah utara TSS. Kedua kapal tidak merespons panggilan VTS.
  • Pukul 08.10 LT. memonitor komunikasi antara MV. CSSC Yuan Jing (callsign VRSA8) dan MV. Viet Thuan 56-05 (callsign 3E5910) di CH 16 untuk persiapan traffic. MV. Viet Thuan 56-05 akan mengambil buritan dari MV. CSSC Yuan Jing.
  • Pukul 08.15 LT. VTS Operator mencoba memanggil kembali kapal MV. Viet Thuan 56-05 dan MV. CSSC Yuan Jing karena posisi semakin mendekat.
  • Pukul 08.20 LT. VTS Operator memonitor kapal MV. CSSC Yuan Jing dan MV. Viet Thuan 56-05 semakin mendekat satu sama lain.
  • Pukul 08.22 LT. MV. Viet Thuan 56-05 dan MV. CSSC Yuan Jing terlibat tabrakan pada posisi 05° 44.352' S - 105° 53.340' E.
  • Pukul 08.30 LT. VTS Operator memonitor dan mendengarkan komunikasi antara kapal MV. CSSC Yuan Jing dan MV. Viet Thuan 56-05 yang meminta agar MV. Viet Thuan 56-05 berlabuh.
  • Pukul 08.46 LT. VTS Operator memanggil kapal MV. CSSC Yuan Jing untuk memberikan posisi berlabuh di area TSS pada posisi 05° 47.014' S - 105° 49.605' E dan posisi berlabuh MV. Viet Thuan 56-05 pada posisi 05° 46.379' S - 105° 49.613' E.
  • Pukul 10.06 LT. Kapal MV. CSSC Yuan Jing menginformasikan kepada VTS bahwa kapal sudah berlabuh di posisi yang diberikan oleh VTS Operator.
  • Pukul 10.15 LT. Kapal MV. Viet Thuan 56-05 melaporkan kepada VTS bahwa kapal sudah selesai berlabuh di posisi yang diberikan oleh VTS Operator.
  • Pukul 11.15 LT. VTS Operator memanggil kapal MV. Viet Thuan 56-05 untuk menanyakan kondisi kapal dan awak kapal. Informasi dari MV. Viet Thuan 56-05 menyebutkan terdapat kerusakan di bagian portside kapal, tidak ada kebocoran atau tumpahan minyak, dan semua awak kapal dalam keadaan sehat.
  • Pukul 11.25 LT. VTS Operator memanggil kapal MV. CSSC Yuan Jing dan menanyakan kondisi kapal dan awak kapal. Informasi dari MV. CSSC Yuan Jing menyebutkan terdapat kerusakan di bagian depan kapal, tidak ada kebocoran atau tumpahan minyak, dan semua awak kapal dalam keadaan sehat.
  • Pukul 12.15 LT. VTS Operator menanyakan total awak dan muatan MV. CSSC Yuan Jing. Informasi dari kapal menyebutkan bahwa mereka membawa 19 awak termasuk kapten dan kapal dalam keadaan tidak bermuatan.
  • Pukul 12.20 LT. VTS Operator menanyakan total awak dan muatan MV. Viet Thuan 56-05. Informasi dari kapal menyebutkan bahwa mereka membawa 22 awak termasuk kapten dan kapal dalam keadaan tidak bermuatan.

VTS Operator : Eva

Nama Kapal 1:

Nama            : MV. Viet Thuan 56-05
Callsign         : 3E5910
MMSI            : 352003828
IMO Number : 9328675
Bendera        : Panama
GT                 : 31.242
Type              : Bulk Carrier
Last Port        : Singapore
Next Port       : Panjang

Nama Kapal 2:

Nama            : MV. CSSC Yuan Jing
Callsign         : VRSA8
MMSI            : 477230500
IMO Number : 9830056
Bendera        : Hongkong
GT                 : 44.153
Type              : Bulk Carrier
Last Port        : China
Next Port        : Geraldton, Australia

 

TIM MARITIME COORDINATION CENTER

Call Center: +6285216221177 | Email: [email protected]


ENGLISH VERSION

Jakarta, July 23, 2024 - DG Hubla, Dit KPLP, Class I Sea and Coast Guard Base Tg.Priok through PUSKODAL PLP Tg.Priok received a report from VTS Merak regarding a ship collision incident in the North Waters of Bakauheni Sunda Strait, Banten at coordinates 05°44.352'S - 105°53.340'E (North TSS Sunda Strait). the collision incident occurred at 08.22 LT. MV. Viet Thuan 56 - 05 with Panamanian flag and MV. CSSC Yuan Jing flagged Hongkong Monitored Collision / Collision. Based on information, MV. Viet Thuan 56-05 was on a voyage from Singapore to Panjang Port, Lampung. when it collided with MV. CSSC Yuan Jing which was sailing from China to Geraldton, Australia. The collision occurred around the TSS area of the Sunda Strait, which is an international shipping lane. 

The KPLP team arrived at the location and immediately conducted rescue, security, examination of the ship, crew, ship documents, safety and security conditions and the impact of marine environmental pollution from the two colliding ships. KPLP officers also coordinated with KSOP Bakauheni in the examination and collection of initial evidence at the scene as a form of the initial stage in law enforcement.

Based on initial information, MV. Viet Thuan 56-05 suffered damage to the front hull, while MV. CSSC Yuan Jing suffered damage to the rear hull. Both vessels have been anchored at the anchor lego area north of Bakauheni in the Sunda Strait to await further investigation and examination.

Incident Chronology:

  • 08:00 LT. The VTS Operator called the MV. Viet Thuan 56-05 from the eastern side of the TSS to provide traffic information and traffic preparation for the MV. CSSC Yuan Jing approaching from the northern TSS. Both vessels did not respond to the VTS call.
  • 08:10 LT. The VTS Operator monitored communication between the MV. CSSC Yuan Jing (callsign VRSA8) and the MV. Viet Thuan 56-05 (callsign 3E5910) on CH 16 for traffic preparation. The MV. Viet Thuan 56-05 was set to take the stern of the MV. CSSC Yuan Jing.
  • 08:15 LT. The VTS Operator attempted to call the MV. Viet Thuan 56-05 and the MV. CSSC Yuan Jing again as their positions were getting closer.
  • 08:20 LT. The VTS Operator monitored the MV. CSSC Yuan Jing and the MV. Viet Thuan 56-05 as they continued to close in on each other.
  • 08:22 LT. The MV. Viet Thuan 56-05 and the MV. CSSC Yuan Jing collided at the position 05° 44.352' S - 105° 53.340' E.
  • 08:30 LT. The VTS Operator monitored and listened to the communication between the MV. CSSC Yuan Jing and the MV. Viet Thuan 56-05, with the MV. CSSC Yuan Jing requesting the MV. Viet Thuan 56-05 to anchor.
  • 08:46 LT. The VTS Operator called the MV. CSSC Yuan Jing to provide an anchorage position in the TSS area at 05° 47.014' S - 105° 49.605' E and the anchorage position for the MV. Viet Thuan 56-05 at 05° 46.379' S - 105° 49.613' E.
  • 10:06 LT. The MV. CSSC Yuan Jing informed the VTS that it had anchored at the position given by the VTS Operator.
  • 10:15 LT. The MV. Viet Thuan 56-05 reported to the VTS that it had finished anchoring at the position given by the VTS Operator.
  • 11:15 LT. The VTS Operator called the MV. Viet Thuan 56-05 to inquire about the condition of the vessel and its crew. The MV. Viet Thuan 56-05 reported damage to the portside, with no water ingress or oil spills, and all crew members were in good condition.
  • 11:25 LT. The VTS Operator called the MV. CSSC Yuan Jing to inquire about the condition of the vessel and its crew. The MV. CSSC Yuan Jing reported damage to the bow, with no water ingress or oil spills, and all crew members were in good condition.
  • 12:15 LT. The VTS Operator inquired about the total crew and cargo of the MV. CSSC Yuan Jing. The vessel reported carrying 19 crew members, including the master, and was not carrying any cargo.
  • 12:20 LT. The VTS Operator inquired about the total crew and cargo of the MV. Viet Thuan 56-05. The vessel reported carrying 22 crew members, including the master, and was not carrying any cargo.


VTS Operator : Eva

Vessel 1 Details :

Name             : MV. Viet Thuan 56-05
Callsign          : 3E5910
MMSI             : 352003828
IMO Number  : 9328675
Flag                : Panama
GT                  : 31,242
Type               : Bulk Carrier
Last Port         : Singapore
Next Port        : Panjang
Vessel 2 Details:

Name            : MV. CSSC Yuan Jing
Callsign         : VRSA8
MMSI            : 477230500
IMO Number : 9830056
Flag               : Hong Kong
GT                 : 44,153
Type              : Bulk Carrier
Last Port        : China
Next Port       : Geraldton, Australi

MARITIME COORDINATION CENTER TEAM

Call Center: +6285216221177 | Email: [email protected]

 

 

  • berita




Footer Hubla Branding