Rabu, 22 Mei 2024

KM Jetliner Kandas Di Posisi 1 NM Utara Pelabuhan Laino, Raha / KM Jetliner Grounded At 1 NM North Of Laino Port, Raha


Share :
567 view(s)

Rabu, 22 Mei 2024 - Pada pukul 13.25 WITA, KM Jetliner mengalami kandas pada bagian haluan kapal di posisi lintang 04° 49’ 20’’ S dan bujur 122° 44’ 27’’ E, sekitar 1 mil laut utara Pelabuhan Laino, Raha saat kapal berolah gerak sandar. Adapun jumlah penumpang di atas kapal sebanyak 5 orang. Keadaan saat ini masih bisa diatasi, Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Pada pukul 15.30 WITA telah dilakukan evakuasi penumpang dengan selamat dari KM. Jetliner menuju Dermaga Pelabuhan Laino bersama tim PT PELNI (Persero) Cabang Bau Bau dan crew KM. Jetliner dengan menggunakan KMP. 500002 milik KPLP Raha.

Untuk sementara, bantuan SAR belum dibutuhkan. dan saat ini KM Jetliner sedang menunggu air pasang untuk melakukan olah gerak pembebasan kandas saat air pasang tinggi. Stasiun Radio Pantai Raha standby memantau perkembangan situasi serta melakukan Broadcast Berita Keselamatan kepada semua kapal di area kejadian untuk berhati hati dan meningkatkan kewaspadaan.

Hingga saat ini, masih dilakukan perbaikan pada mesin yang mati sambil menunggu air laut pasang maksimal yang diperkirakan pada pukul 22.00 WITA. Tim dari UPP Raha dan Polsek KP3 Raha sedang berada di kapal untuk memantau langsung perbaikan. Upaya yang dilakukan untuk persiapan alur pembebasan kapal dari kandas diantaranya melakukan sounding kedalaman di sekitar kapal dan pengecekan tangki-tangki, dengan hasil tidak ada kebocoran dan kapal dalam keadaan aman. Selain itu crew kapal juga memastikan agar sistem propulsi dan alat navigasi kapal dalam kondisi baik dan siap untuk digunakan.

TIM MARITIME COORDINATION CENTER 

Call Center: +6285216221177 | Email: [email protected]

 

English Version

Wednesday, May 22, 2024 - At 13:25 WITA, KM Jetliner Grounded at the bow at coordinates 04° 49’ 20’’ S and 122° 44’ 27’’ E, approximately 1 nautical miles north of Laino Port, Raha, while maneuvering to Berthing. There were five passengers on board. The situation is currently under control, and there are no casualties. At 15:30 WITA, the passengers were safely evacuated from KM Jetliner to the Laino Port Dock by a team from PT PELNI (Persero) Bau Bau Branch and the KM Jetliner crew using KMP 500002 owned by KPLP Raha.

For the time being, SAR assistance is not required. KM Jetliner is awaiting high tide to facilitate movement and free the vessel from grounding during high tide. The Raha Coastal Radio Station is on standby, monitoring the situation, and broadcasting safety alerts to all vessels in the area to exercise caution and increase vigilance.

Currently, repairs are being carried out on the malfunctioned engine while awaiting the maximum high tide expected at 22:00 WITA. A team from UPP Raha and Polsek KP3 Raha is on board to directly oversee the repairs. Preparations to free the vessel from grounding include depth sounding around the vessel and checking the tanks, confirming no leaks and that the ship is safe. Additionally, the crew is ensuring that the propulsion system and navigation equipment are in good condition and ready for use..

MARITIME COORDINATION CENTER TEAM

Call Center: +6285216221177 | Email: [email protected]

 

 

  • berita




Footer Hubla Branding