Jumat, 23 Februari 2024

Tenggelamnya KM Duta Persada Di Tanjung Selatan, 9 ABK Dilaporkan Hilang


Share :
542 view(s)

Banjarmasin, 23 Februari 2024 – Kapal Motor (KM) Duta Persada dilaporkan tenggelam di perairan Tanjung Selatan, Kalimantan Selatan pada hari ini sekitar pukul 10.00 WITA. Kapal KM Duta Persada bertolak dari pelabuhan Bima pada tanggal 18 Februari 2024, jam 23.00 waktu setempat dengan membawa 9 Awak Kapal (ABK) dengan tujuan akhir di pelabuhan Banjarmasin.

Informasi yang diterima menyatakan bahwa KM Duta Persada membawa muatan garam dalam perjalanannya. Kapten kapal, melalui pesan singkat kepada agen kapal, menyampaikan keadaan darurat sebelum kapal tenggelam dan 9 Awak Kapal (ABK) menaiki rakit buatan sendiri. Pihak berwenang segera merespons dengan cepat.

Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) wilayah setempat, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin, serta Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Kalimantan Selatan segera dikerahkan untuk menuju lokasi kejadian dengan titik koordinat 04°21’37.80” S 115°10’3.23’ E guna melakukan operasi pencarian dan penyelamatan.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai penyebab pasti tenggelamnya KM Duta Persada. Cuaca buruk atau masalah teknis pada kapal kemungkinan menjadi faktor yang menyebabkan kejadian tragis ini.

Untuk sementara, proses pencarian dan penyelamatan seluruh ABK yang hilang masih berlangsung di lapangan. Vessel traffic service (VTS) Banjarmasin membroadcast informasi ke kapal-kapal yang berada disekitar perairan tersebut guna memonitor serta berkoordinasi dalam operasi pencarian dan penyelamatan serta menghimbau agar selalu berhati-hati dalam bernavigasi.

Berita baik datang dari perairan sekitar Pulau Masalembu, di mana Kansar Banjarmasin berhasil menjalin komunikasi dengan Nahkoda Kapal KLM Duta Persada yang tenggelam. Pada pukul 11.50 WITA, kabar menggembirakan datang bahwa seluruh ABK Kapal KLM Duta Persada telah diselamatkan oleh Kapal Sandra Mina.

Kapal Sandra Mina membawa seluruh ABK Kapal KLM Duta Persada ke daratan dan bersandar dengan selamat di Pelabuhan Juwana Pada hari Minggu 25 Februari 2024 pukul 18.30 WITA. Kondisi ABK Kapal KLM Duta Persada setelah diselamatkan dilaporkan baik-baik saja. Mereka saat ini berada di bawah perawatan dan pengawasan pihak berwenang di Polairud Juwana.

Tim Maritim Safety Information

  • berita




Footer Hubla Branding