Berita

TINGKATKAN KINERJA KEPELABUHANAN, UPP KENDAWANGAN BINA KEKOMPAKAN ANTAR PEGAWAI

13/03/2018

KENDAWANGAN (13/3) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kendawangan yang berlokasi di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat komitmen menjaga kekompakan pegawai dalam rangga meningkatkan kinerja kepelabuhanan.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor UPP Kelas III Kendawangan, Capt. Herbert E.P Marpaung pada hari ini (13/3) di Kendawangan.

Pelabuhan Kendawangan merupakan pelabuhan Pengumpul yang memiliki kedalaman alur 3,8 mLWS dan dapat disandari kapal berukuran 1000 DWT saat ini menjadi gerbang selatan ke wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Pelabuhan yang dipadati aktivitas pelayaran tersebut, yang juga ramai dengan komoditas berupa CPO, bauksit dan smelter alumina.

"Terminal khusus untuk komoditas tersebut menyerap lapangan kerja sampai ribuan orang dan menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kab. Ketapang yg cukup besar," kata Capt. Herbert.

Sementara itu, Capt. Herbert mengatakan bahwa Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun lalu ditargetkan sebesar Rp. 4,046 M dan hasilnya PNBP tahun lalu mencapai Rp. 5,537 M.

"Tahun 2018 target PNBP sebesar Rp. 3,594 M dan hingga Februari 2018 sudah mencapai Rp.1,253 M," ujar Capt. Herbert.

Adapun total Terminal Khusis yang beroperasi di wilayah kerja UPP Kendawangan sebanyak 13 Terminal dengan kunjungan kapal rata- rata sekitar 200-an kapal perbulannya.

"Kunjungan kapal asing ukuran GT terbesar 93.000-an dan rata-rata mencapai 3 s.d 5 per bulannya. Kecenderungan kunjungan kapal akan meningkat mengingat adanya rencana pembangunan tersus-tersus baru," kata Capt. Herbert.

Untuk itu, Herbert melihat dengan adanya kondisi tersebut  tentunya menjaga kekompakan antar pegawai dan juga dengan instansi Pemerintah lainnya sangatlah penting.

"Guna meningkatkan kedisiplinan dan menumbuhkan rasa kebersamaan antar pegawai, Kantor UPP Kendawangan, yang merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Mental dan Kedisiplinan Pegawai yang bekerjasama dengan Komando Rayon Militer (Koramil) Kecamatan Kendawangan, Kalimantan Barat," kata Herbert.
IMG-20180313-WA0032.jpg
Lebih lanjut, Herbert menjelaskan bahwa bentuk kegiatan dimaksud antara lain meliputi kegiatan olahraga, pendalaman aturan baris berbaris, pembantunan karakter, serta kegiatan lain yang bersifat menanamkan jiwa korsa dan kerja sama tim.

Herbert menambahkan, bahwa semua pegawai di Kantor UPP Kelas III Kendawangan diwajibkan untuk mengikuti kegiatan, tidak hanya pegawai organik, namun juga pegawai honorer serta siswa magang yang ada di UPP Kelas III Kendawangan.

Kegiatan pembinaan mental dan kedisiplinan pegawai ini, menurut Herbert diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi seluruh pegawai. Disamping memberikan pembinaan secara mental, kegiatan ini juga mengandung nilai-nilai pembinaan fisik dan sekaligus refresing dari rutinitas tugas selama tahun 2017.

Pada kesempatan tersebut, Herbert juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komandan Rayon Militer (Danramil) Kendawangan, Kapt. Infantri Syamsul Alam,  pembantu Letnan Dua, Sudirman selaku instruktur dan Sersan Dua Jhoni selaku pelatih dalam acara dimaksud.

“Disiplin pegawai yang sekarang sudah cukup baik, saya harap setelah kegiatan ini dapat menjadi lebih optimal guna menghadapi tantangan pelaksanaan tugas yang semakin berat dan dinamis,” tutup Herbert. 

Sebagai informasi, Pelabuhan Kendawangan saat ini memiliki fasilitas pelabuhan: dermaga (164x8) m2, trestle I (87x5) m2, trestle II (94×5) m2, terminal penumpang 300 m2, gudang (15x40) m2, lapangan penumpukan I (45x35) m2 dan lapangan penumpukan II (37.5×31.5) m2.

Adapun kapal-kapal di Pelabuhan Kendawangan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sarana transportasi ke pulau Jawa dengan rute Ketapang - Semarang yang tentunya berdampak ke perekonomian Kecamatan Kendawangan.

Pelabuhan Kendawangan juga merupakan pelabuhan yang disinggahi kapal perintis KM. Bandanaira yang mengangkut penumpang dan barang.



Sumber Berita: Humas Laut Hits: 177