Berita

Dirjen Hubla : Kemenhub Yakin Indonesia Mampu Mencetak Pelaut Handal dan Berdaya Saing Global

12/01/2017

(SEMARANG) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A. Tonny Budiono, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Bon Voyage Diklat Peningkatan Kompetensi Kepelautan (DPKK) Perwira Siswa Tingkat I, II, III, dan IV Bidang Keahlian Nautika dan TeknikaPoliteknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang (12/01/2016). Pada kesempatan tersebut Dirjen Hubla mengucapkan selamat kepada para peserta Bon Voyage yang telah berhasil menyelesaikan pendidikankepelautan pada lembaga pendidikan PIP Semarang.

“Upacara Bon Voyage ini merupakan acara yang telah dinantikan dan merupakan kebanggaan tersendiri bagipara pelaut,” kata Tonny.

Namun demikian, menurut Tonny keberhasilan yang telah dicapai ini, hendaknya tidak membuat para pelaut cepat berpuas-diri, melainkan justru menjadi pemicu dan pemacu semangat dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat dalam era persaingan global di bidang maritim.

Tonny meminta para pelaut lulusan PIP Semarang harus bisa menjaga nama baik almamater karenakiprah mereka akan menjadi tolak ukur keberhasilan almamater sehingga konstribusi para lulusan PIP Semarang senantiasa diharapkan terutama yang menyangkut informasi perkembangan IPTEK di bidang industri maritim.

“Terkait dengan peningkatan mutu pendidikan dan pembinaan SDM, saya meminta kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan untuk dapat menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang transportasi yang lebih diarahkan pada upaya peningkatan kualitas dan kompetensi dalam mendukung pembangunan sektor transportasi yang mengutamakan 3 (tiga) “S” yaitu Safety (Keselamatan), Security (Keamanan) dan Service (Pelayanan),” jelas Tonny.

Tak lupa Dirjen Hubla berpesan kepada seluruh peserta Bon Voyage, sebagai pelaut harus selalu semangat dalam menjalankan tugas dengan terus meningkatkan Profesionalisme dan Safety Culture karena faktor keselamatan merupakan faktor utama dan mutlak diperlukan dalam penyelenggaraan jasa transportasi.  

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut meyakini bahwa Indonesia mampu mencetak pelaut-pelaut yang berkualitas, kompeten dan bertaraf internasional karena ke depan peningkatan daya saing menjadi sangatlah penting mengingat bangsa kita adalah bangsa maritim yang besar, sebagaimana tema yang diangkat pada Bon Voyage ini yaitu “Menjadikan Pelayaran Indonesia Sebagai Moda Transportasi Yang Handal, Berdaya Saing Global”.

Sumber Berita: Humas Laut Hits: 590