Berita

DITJEN HUBLA BEKERJASAMA DENGAN AMSA MONITORING PSCO DI SURABAYA

09/03/2017

SURABAYA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) bekerjasama dengan AMSA (Australian Maritime Safety Authority) telah menyelanggarakan kegiatan ‘Mentoring Port State Control Officer (PSCO) yang dilaksanakan di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Surabaya pada hari Rabu, 8 Maret 2017. 


Kegiatan Monitoring PSCO ini, merupakan agenda tahunan yang sudah berlangsung sejak 8 tahun yang lalu hingga sekarang dan tentunya mendapatkan dukungan dari AMSA yang  memberikan pengetahuan bagi para personil PSCO dimasing-masing UPT khususnya yang memiliki aktifitas kapal asing. 


Kegiatan tersebut sudah diadakan dua kali pada tahun ini, pertama di Pelabuhan Teluk Bayur dan di Pelabuhan Tanjung Perak selama 5 hari yang diikuti 15 sampai 20 orang perwakilan PSCO di seluruh Indonesia. Tujuan Utama kegiatan Mentoring Port State Control Oficer (PSCO) ini untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guna menambah wawasan para personil di setiap UPT Perhubungan Laut dalam menjalankan tugas dan fungsinya. 


“Jumlah dibatasi dalam setiap kelasnya agar hasilnya maksimal dalam memahami materi yang diberikan oleh team PSC dan banyak materi yang diberikan oleh tim PSC Australia bagi personil jajaran Ditjen Hubla,” Ujar Capt. Ferro selaku Kepala Seksi Kecelakaan Kapal dan Pemeriksaan Kapal Direktorat KPLP.


Pola pelatihan mentoring ini dilakukan dalam bentuk kelas, turun ke lapangan langsung ke kapal dan diakhir pelatihan akan dilakukan ujian penguasaan materi yang telah diterima serta para peserta juga diajak langsung praktek di atas kapal dan setelah itu uji penguasaan materi. 


Disamping itu, Capt. Ferro juga mengatakan kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan tukar pikiran sesama anggota PSC terhadap ketentuan terbaru dengan apa yang ditemukan di lapangan serta mengadakan petukaran informasi yang ada di pelabuhan mengingat sisi perkembangan aturan dengan teknologi update dan dapat meningkatkan SDM di lingkungan Ditjen Hubla. 


Ferro berharap ke depannya kegiatan ini dapat terus diadakan dan ditingkatkan kualitasnya sehingga dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan perhatian serta keseriusan para Pejabat serta para petugas KPLP pada seluruh Kantor Unit Pelaksana teknis (UPT) di lingkungan Ditjen Hubla terhadap penanggulangan permasalahan di perairan dan pelabuhan serta usaha perlindungan lingkungan maritim yang saat ini masih rendah.
Sumber Berita: Humas Laut Hits: 730